Cara Mendaftar Bansos (PKH) Melalui Aplikasi Cek Bansos - Finance

Cara Mendaftar Bansos (PKH) Melalui Aplikasi Cek Bansos

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program bantuan sosial yang dikelola oleh pemerintah Indonesia. PKH merupakan program bantuan yang diberikan kepada keluarga yang membutuhkan dengan tujuan agar keluarga tersebut dapat terpenuhi kebutuhan dasar seperti makan, minum, pakaian, dan lainnya.

Program ini ditujukan kepada tujuh kategori masyarakat di Indonesia, diantaranya ibu hamil, anak-anak usia 0-6 tahun, siswa SD yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun, siswa SMP yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun, siswa SMA yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun, lansia yang berusia 70 tahun, dan penyandang disabilitas berat. Masyarakat yang memenuhi syarat dapat mendaftar PKH melalui aplikasi Cek Bansos yang tersedia secara gratis di Google Play Store.

Untuk mendaftar PKH, masyarakat wajib memenuhi salah satu syarat utama yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. DTKS Kemensos merupakan database yang menyimpan data masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan sosial, termasuk PKH. Jadi, masyarakat yang ingin mendaftar PKH harus terlebih dahulu terdaftar di DTKS Kemensos. Cara mendaftar DTKS Kemensos melalui aplikasi Cek Bansos adalah sebagai berikut:

1. Unduh aplikasi Cek Bansos melalui tautan (link) dibawah.

2. Setelah berhasil diunduh, buka aplikasinya dan pilih opsi “Buat Akun Baru”.
3. Isi seluruh data diri yang diperlukan untuk membuat akun baru di aplikasi Cek Bansos.
4. Setelah berhasil membuat akun baru, login ke aplikasi Cek Bansos dengan menggunakan email dan password yang telah dibuat. 
5. Pilih opsi “Mendaftar DTKS Kemensos” dan ikuti langkah-langkah yang diberikan.

Setelah terdaftar di DTKS Kemensos, masyarakat yang memenuhi syarat dapat mengajukan permohonan PKH di aplikasi Cek Bansos. Pemerintah akan memilih keluarga yang berhak mendapatkan PKH berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Masyarakat yang terpilih akan menerima pemberitahuan melalui aplikasi Cek Bansos tentang hasil seleksi PKH.

Download Aplikasi Cek Bansos

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel