Aplikasi Cek DANA BANSOS 2023 dari Kemesos - Finance

Aplikasi Cek DANA BANSOS 2023 dari Kemesos

Kementerian Sosial terus berupaya untuk mengalirkan DANA BANTUAN SOSIAL (BANSOS) 2023 dengan sasaran yang tepat kepada penerimanya. Hasil pengecekan di lapangan dan keluhan langsung dari masyarakat menunjukkan bahwa banyak bantuan penerima yang tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh pusat.

Masyarakat yang terdaftar sebagai penerima bantuan di Aplikasi Android DANA Bansos 2023 dapat menggunakan fitur “Usul” untuk mendaftarkan diri sendiri atau membantu mendaftarkan orang lain yang layak menerima bantuan sosial di tahun 2022. Berikut Cek Daftar Penerima Bansos 2023

Cara Cek Nama Penerima Bansos PKH Tahap 1 Tahun 2023

Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 1 untuk tahun 2023 akan segera mengalokasikan bantuan sosial (bansos) bagi keluarga miskin atau rentan miskin sebesar Rp750.000 per tahap.

Namun, sebelum melakukan pengecekan, pastikan Anda sudah terdaftar di DTKS Kemensos. Jika belum terdaftar sebagai penerima, maka anda harus mendaftar dulu melalui Aplikasi Cek Bansos menggunakan tautan di bawah ini.

Bansos PKH akan dibagikan melalui empat tahap pencairan yaitu Januari-Maret, April-Juni, Juli-September, dan Oktober-Desember.

Setiap penerima manfaat PKH akan menerima bansos sesuai kategori mereka masing-masing, yaitu ibu hamil akan menerima Rp3 juta per tahun atau Rp750.000 per tahap, anak usia dini 0-6 tahun akan menerima Rp3 juta per tahun atau Rp750.000 per tahap, siswa jenjang SD akan menerima Rp900.000 per tahun atau Rp225.000 per tahap, siswa jenjang SMP akan menerima Rp1,5 juta per tahun atau Rp375.000 per tahap, siswa jenjang SMA akan menerima Rp2 juta per tahun atau Rp500.000 per tahap, lanjut usia (lansia) akan menerima Rp2,4 juta per tahun atau Rp600.000 per tahap, dan disabilitas berat akan menerima Rp2,4 juta per tahun atau Rp600.000 per tahap.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa daftar nama penerima bantuan PKH 2023 secara online di website cekbansos.kemensos.go.id:

  1. Buka website cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Pilih nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan yang sesuai di kolom yang tersedia.
  3. Masukkan nama sesuai dengan nama yang tertera pada KTP.
  4. Ketikkan empat huruf kode verifikasi yang muncul ke kolom putih sesuai petunjuk, jika huruf kode kurang jelas, klik icon untuk mendapatkan huruf kode baru.
  5. Klik tombol CARI DATA.
  6. Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari nama penerima dan menampilkan informasi bantuan PKH yang telah diterima.

Catatan: Pastikan untuk memasukkan informasi yang benar dan sesuai dengan yang tertera pada KTP agar hasil pencarian sesuai dengan data yang dicari.

Download Aplikasi Cek Bansos

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel